• Kam. Des 1st, 2022

SIBERONE.CO.ID

Media online utama

Buka Webinar PMPJ, Kakanwil Sebut Notaris Punya Peranan Penting dalam Pencegahan TPPU

Byadmin siberone

Sep 17, 2021

Serang – siberone.co.id
Guna mendorong pembinaan dan pengawasan terhadap notaris dalam melaksanakan upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang serta pendanaan terorisme, Pengurus Daerah Kota Tangerang Selatan Ikatan Notaris Indonesia bekerjasama dengan Majelis Pengawas Daerah Notaris Kota Tangerang Selatan menggelar Webinar dengan tema Pembinaan & Tanya Jawab Seputar Prinsip Mengenali Pengguna Jasa (PMPJ)”, Jumat (17/09).

Hadir secara virtual, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Agus Toyib memberikan sambutannya. Agus mengatakan bahwa Notaris sebagai Pihak Pelapor wajib menerapkan prinsip mengenali pengguna jasa. Diharapkan dari kegiatan webinar ini dapat tercapai pemahaman dalam penerapan PMPJ oleh para Notaris di wilayah Provinsi Banten, khususnya di Kota Tangerang Selatan, guna menghindari keterkaitan dengan praktik pencucian uang.

“Tindak Pidana Pencucian Uang tidak hanya mengancam stabilitas perekonomian dan integritas sistem keuangan, tetapi juga dapat membahayakan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Oleh karenanyalah sudah menjadi kewajiban bagi Notaris untuk menerapkan PMPJ,” ujar Agus Toyib

Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa melalui Penerapan PMPJ, maka sistem keuangan mampu menjalankan fungsinya dengan baik pula dan akhirnya stabilitasnya tetap terjaga. Adapun jenis risiko yang muncul, bagi industri keuangan atau yang terkait dengan keuangan, dapat menyebabkan kerugian karena besarnya biaya yang dikeluarkan, berkurangnya kesempatan membina hubungan usaha dengan pengguna jasa, juga kebutuhan waktu dan energi dari manajemen untuk memecahkan masalah yang muncul.

Turut hadir dalam webinar antara lain Ketua Pengurus Wilayah Banten Ikatan Notaris Indonesia, Narasumber dari Majelis Pengawas Pusat Notaris & Dewan Kehormatan Pusat Notaris, Ketua Pengurus Daerah Kota Tangerang Selatan Ikatan Notaris Indonesia, Ketua Dewan Kehormatan Daerah Notaris Kota Tangerang Selatan, serta Ketua Majelis Pengawas Daerah Notaris Kota Tangerang Selatan (Humas Kanwil Banten)

Sharing is Caring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *