• Rab. Jul 24th, 2024

SIBERONE.CO.ID

Media online utama

Proses Perencanaan Pembangunan Pemerintah Provinsi Banten

Byadmin siberone

Agu 15, 2023

SERANG, (siberone.co.id) – Kegiatan Temu Media Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten dengan Bangun Media Grup (BMG) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, yang digelar di Aula Kantor BMG Jln. Kalodran- Lipatik, Kelurahan Pageragung, Kecamatan Walantaka, Kota Serang. Senin, (14/08/2023).

Pada acara tersebut, Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten Beni Ismail, S.STP, M.Si menyampaikan apresiasi dengan adanya pertemuan pemerintah dengan media, khususnya para jurnalis yang bertugas di wilayah Provinsi Banten. Dalam hal ini Pemerintah Provinsi Banten mensupport setiap pemberitaan yang disajikan para wartawan yang kontennya membangun dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Baik itu, berita kritik namun didalamnya tetap menyampaikan berita pembangunan yang positif,” ujar Beni Ismail.

Di kesempatan itu, atas nama Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, Beni Ismail menyampaikan ucapan terima kasih kepada para perusahaan media yang telah memberikan penghargaan kepada Pj Gubernur Banten yakni Anugerah Sahabat Pers yang diinisiasi oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang dilaksanakan di Jakarta Jum’at 11 Agustus 2023.

“Semoga dengan mendapat Anugerah Sahabat Pers 2023, Pemerintah Provinsi Banten akan lebih menjalin komunikasi yang lebih konkrit terhadap awak media, dan akan selalu bersahabat dengan wartawan sebagai kontrol sosial,” tambah Beni.

Sementara itu, Pimpinan Umum Bangun Media Grup (BMG) Lesman Bangun mengucapkan terimakasih kepada Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten dan Bappeda Provinsi Banten atas terlaksananya kegiatan temu media ini. Berharap dengan pertemuan kali ini akan menjadikan keterbukaan informasi antara media dengan pemerintah.

“Terimakasih kepada Biro adpim yang telah memfasilitasi kegiatan kita dengan BMG sehingga teman-teman Media nanti bisa belajar dan melakukan publikasi kegiatan Provinsi Banten di medianya dan pemberitaanya bisa berjalan dengan benar,”Jelasnya.

“Minta Tolong kepada pak Kabid Zaenal Muttaqin agar bisa memberikan pencerahan kepada teman teman media sehingga apa program Provinsi Banten dan apa perencanaan nya agar sampai kepada OPD-OPD terkait dan sampai juga ke wartawan agar seluruh Masyarakat Banten tau bahwa Provinsi Banten memiliki Program yang sedang di rencanakan,”Ungkap Lesman Bangun.

Dalam materinya Kepala Bagian Perencanaan Bappeda Provinsi Banten Zaenal Muttaqin menjelaskan, Provinsi Banten memiliki potensi sumber daya alam yang besar, seperti tambang, perikanan, dan pariwisata. Untuk memanfaatkan potensi tersebut, diperlukan arah kebijakan pembangunan yang tepat, dalam dokumen RPJMD Provinsi Banten 2017 – 2022, terdapat uraian tentang arah kebijakan pembangunan di Provinsi Banten yang mencakup strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah untuk mencapai tujuan dan sasaran sesuai dengan visi misi.

“Untuk membangun Banten tentunya harus memanfaatkan potensi sumber daya alamnya, baik dari segi tambang, perikanan dan pariwisatanya, tentunya harus dibarengi dengan arah kebijakan pembangunan yang tepat,” ujarnya.

“Diperlukan strategi pembangunan yang tepat untuk mencapai misi pembangunan di Provinsi Banten, Strategi ini mencakup pembangunan struktur ruang wilayah, pembangunan infrastruktur, serta kebijakan fiskal,”pungkasnya

Pengembangan struktur ruang wilayah bertujuan untuk meningkatkan tata ruang dan memaksimalkan pemanfaatan lahan. Pembangunan infrastruktur bertujuan untuk meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas. Sedangkan kebijakan fiskal bertujuan untuk meningkatkan penerimaan daerah dan efisiensi pengeluaran.

Sharing is Caring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *