• Kam. Apr 18th, 2024

SIBERONE.CO.ID

Media online utama

Pj Gubernur Al Muktabar Serahkan Penghargaan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten Tahun 2022

Byadmin siberone

Des 29, 2022

Banten, (siberone.co.id) – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyerahkan Penghargaan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah kepada Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meraih sebagai Juara Umum. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dari kinerja Bupati/Walikota serta pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan dan aset daerah di Provinsi Banten.

“Karena sesungguhnya kinerja Pemerintah Provinsi itu adalah agregat atau gabungan dari kinerja Bupati/Walikota. Oleh karenanya kita tentu berhak memberikan penghargaan ini secara langsung,” jelas Al Muktabar pada Pemberian Penghargaan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Tingkat Kabupaten/Kota dan Tingkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten tahun 2022, di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Kamis (29/12/2022). Turut hadiri Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Agus Fatoni.

Al Muktabar berpesan kepada para pengelola keuangan untuk terus meningkatkan pengembangan kualitas, kinerja dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM). Tujuannya, untuk memberikan pelayanan serta pelaporan yang baik dalam mengelola keuangan dan aset daerah.

“Dalam pelaksaannya pun kita harus memiliki sumber daya manusia yang kompeten. Agar kita bisa fokus dalam memberikan yang terbaik untuk Banten ini,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan, kepada Pemerintahan Kabupaten/Kota untuk saling berkoordinasi satu sama lain. Sebagai bentuk dukungan untuk melancarkan pelaksanaan urusan Pemerintah.

“Mudah-mudahan ini bagian dari ekosistem baru di pusat kita. Dengan terus bersama-sama membangun Banten,” jelas Al Muktabar.

Seperti djelaskan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti, kategori penerima Penghargaan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah terdapat beberapa indikator penilaian. Di antaranya tahapan penyusunan peraturan Daerah (Perda), opini laporan keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), rekapitulasi realisasi belanja, serta digitalisasi keuangan daerah yang diharapkan mampu memberikan kinerja yang memuaskan.

“Respon atau koordinasi kinerja yang kita lakukan sesuai dengan pendekatan yang dilakukan Pusat kepada Provinsi, dan kita menilai itu salah satunya,” jelasnya.

Dikatakan, tujuan dari diberikannya penghargaan kepada Bupati/Walikota se-Provinsi Banten ini merupakan salah satu pelaksanan kewajiban Pemerintah Provinsi Banten dalam memberikan pembinaan dan pengawaasan pengelolaan keuangan daerah kepada perangkat daerah sesuai kewenangannya.

“Kegiatan ini juga sekaligus untuk mengejawantahkan amanat tentang pengelolaan keuangan daerah dengan memberikan pembinaan dan pengelolaan keuangan. Salah satu bentuk pembinaan ini adalah memberikan apresiasi atas pengelolaan yang sudah dilakukan,” jelasnya.

Pada Tahun Anggaran 2022, Juara Umum Penghargaan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten diraih Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Terbaik kedua diraih Walikota Tangerang Selatan, selanjutnya terbaik ketiga diraih Bupati Lebak, kategori baik kesatu di raih Walikota Tangerang, baik kedua Walikota Serang, baik ketiga Bupati Pandeglang, baik keempat Bupati Serang, serta baik kelima Walikota Cilegon.(*)

Sharing is Caring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *