• Rab. Nov 30th, 2022

SIBERONE.CO.ID

Media online utama

Melalui Gerbang Mapan, Dinas Perikanan Bantu Pulihkan Ekonomi Masyarakat

Byadmin siberone

Okt 6, 2021

Tangerang – siberone.co.id
Melalui salah satu program unggulan, yakni Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan), yang dilokuskan di lima desa, yaitu Desa Kronjo Kec. Kronjo, Desa Patramanggala Kec. Kemeri, Desa Ketapang Kec. Mauk, Desa Suryabahari Kec. Pakuhaji dan Desa Tanjung Pasir Kec. Teluknaga.

Program tersebut merupakan upaya untuk mempercepat pertumbuhan struktur perekonomian masyarakat pantai yang terdapat di wilayah utara Kabupaten Tangerang, untuk siap menyongsong pembangunan di wilayah utara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Sekretaris Dinas Perikanan, Hairul Latif menuturkan bahwa pihaknya telah memberikan bantuan bagi tiga sektor yakni nelayan, pembudidaya dan juga pengolahan. Pada sektor nelayan, bantuan tersebut berupa alat tangkap ramah lingkungan.

“Kami memberikan alat tangkap ramah lingkungan dan mesin kapal agar para nelayan dapat memiliki jangkauan lebih jauh saat melaut, dengan harapan mendapatkan hasil tangkapan lebih banyak lagi” ujarnya.

Ia menjelaskan, nantinya hasil tangkapan tersebut dapat dilelang dengan nilai jual lebih tinggi yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan perekonomian para nelayan.

Hairul juga menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan tak hanya diperuntukkan bagi para nelayan, tetapi juga untuk pembudidaya ikan, baik air tawar maupun air payau yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Kami juga memberikan bantuan bagi pembudidaya ikan air tawar berupa benih dan pakan lele Sedangkan, bagi nelayan air payau kami memberikan benur dan juga nener juga pakan ikan yang difokuskan di lima desa tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, di sektor pengolahan, Hairul juga menjelaskan bahwa Dinas Perikanan memiliki upaya meningkatkan nilai tambah dengan adanya diversifikasi olahan ikan.

Bantuan lainnya juga diberikan berupa peralatan rantai dingin agar mutu olahan tsb dapat lebih lama. Dinas Perikanan juga membeli hasil produksi olahan ikan dari UKM setempat yang nantinya akan di berikan kepada masyarakat seperti ke pesantren juga ke puskemas-puskesmas.

“Harapannya, dari bantuan yang diberikan kepada UKM tersebut dapat menghidupkan kembali perekonomian masyarakat yang saat ini sangat merasakan dampak pandemi ini.
Sedangkan bantuan produk olahan kepada masyarakat dalam rangka Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) di Kabupaten Tangerang untuk meningkatkan konsumsi ikan yang baru mencpai 36,3 kg/perkapita/tahun sedangkan target nasional sebanyak 56,5 kg/perkapita/tahun. (*)

Sharing is Caring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *